KPI Peduli Pendidikan - PROGRAM INSTALASI AIR HUJAN SMAN 2 BONTANG

KPI Peduli Pendidikan - PROGRAM INSTALASI AIR HUJAN SMAN 2 BONTANG

PT KPI membantu SMAN2 Bontang yang merupakan Sekolah Adiwiyata binaan PT.KPI dalam pengambilan uji sampling air bersih dari instalasi air hujan. Kerjasama ini bertujuan untuk memastikan bahwa air yang digunakan oleh sekolah aman dan bersih.

Sebagai bagian dari kerjasama ini, PT. KPI menyediakan tenaga ahli yang terlatih dan merupakan Lab Analyst perusahaan dalam mengambil sampel air, dan juga menyediakan peralatan untuk melakukan pengujian kualitas air. Perusahaan juga membantu menganalisis hasil pengujian dan memberikan rekomendasi untuk tindakan yang perlu diambil jika ditemukan masalah kualitas air.

Dengan adanya kerjasama ini, PT. KPI dan SMAN 2 Bontang berharap dapat memastikan bahwa air bersih dari instalasi air hujan ini dapat berfungsi untuk:

  1. Mengurangi penggunaan air bersih; dengan menggunakan air hujan untuk kebutuhan non-potable, instalasi air hujan juga dapat membantu mengurangi penggunaan air bersih dari sumber air terbatas yang digunakan untuk kegiatan penyiraman tanaman, penggunaan air untuk toilet sekolah, kolam ikan lele, dll.
  2. Menjaga kualitas air; dalam sistem instalasi air hujan yang ditangkap dan terlebih dahulu disaring dan dibersihkan sebelum disimpan. Hal ini membantu menjaga kualitas air dan mencegah terjadinya pencemaran di lingkungan sekitar.
  3. Mengurangi banjir; dengan menangkap air hujan dapat membantu mengurangi resiko banjir di daerah yang rawan banjir. Hal ini karena air yang ditangkap tidak akan langsung mengalir ke sungai atau saluran air, melainkan disimpan untuk digunakan kemudian.
  4. Mengurangi biaya; penggunaan air hujan sebagai alternatif untuk kebutuhan non-potable dapat membantu mengurangi biaya pengeluaran air bersih. Instalasi air hujan juga dapat membantu mengurangi biaya perawatan operasi sistem air bersih yang kompleks.
  5. Meningkatkan kesadaran lingkungan; instalasi air hujan dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dalam mengurangi penggunaan air bersih dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi air bersih.

Selanjutnya selain pengujian sampling air bersih, Instalasi air hujan ini juga masih dalam tahap pengujian dengan Dinas Kesehatan Kota Bontang untuk memastikan bahwa air instalasi ini dapat dinyatakan sebagai air layak minum.